KONI GARUT – Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengumumkan secara resmi jumlah Cabang olahraga yang akan dipertandingkan Pekan Olahraga (Porprov) tahun 2022 melalui aplikasi zoom meeting, dan siaran Youtube Koni Jabar TV, Rabu (06/01/2021).

Dalam penjelasnya Ketua Umum Koni Jabar Ahmad Saefudin yang didampingi 4 Wakil Ketua Bidang, setelah pelaksanaan Porprov / Porda ke IIIX di Bogor tahun 2018 pelaksanaan keolahragaan Porprov ke XIV di 3 Kabupaten yaitu Subang, Ciamis dan Bandung Barat mengalami peningkatan dari peningkatan keikut sertaan Cabang Olahraga ( Cabor) maupun penambahan nomer pertandingan.

Cabang Olahraga yang akan dipertandingan 57 Cabor dan 19 Sub Cabor dengan jumlah nomer pertandingan sebanyak 943 nomer pertandingan.

Untuk Kabupaten Garut sebagai Kabupaten penyangga seperti ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) KONI Provinsi Jabar nomor 073 tahun 2021 menjadi tuan rumah di 10 cabang olahraga diantaranya : Renang, Renang Indah, Loncat Indah, Polo Air, Selam Kolam, Arung Jeram, Bola Basket, Futsal, Rugby dan Sepak Takraw.

Kabupaten Ciamis (mengantikan Kabupaten Tasik yang mengundurkan diri) menjadi tuan rumah untuk pembukaan dan penutupan Porprov 2022 dengan pelaksanaan 9 Cabang Olahraga yang akan dipertandingkan.
Lalu, untuk Kabupaten Subang tuan rumah Porprov XIV 2022 menyelenggarakan 16 Cabang Olahraga dan Kabupaten Bandung Barat menyelenggarakan 21 Cabang Olahraga.

Selain Garut, ada 5 wilayah penyanggah Kabupaten Kota penyanggah yang ikut membantu pelaksanaan Porprov 2022, yaitu, Kabupaten Tasik 3 Cabang Olahraga, Kabupaten Pangandaran 5 Cabang Olahraga, Kota Banjar 2 Cabang Olahraga, Kabupaten Karawang 1 Cabang Olahraga dan Kabupaten Cirebon 6 Cabang Olahraga.

Setelah keputusan penyelenggaraan Porprov 2022, KONI Jawa Barat meminta KONIDA se Kabupaten / Kota untuk menindaklanjuti dan merancang pelaksanaan yang berkaitan dengan pelaksanaan babak Kualifikasi tahun 2021 dan Porprov tahun 2022.
“Surat keputusan sudah saya tanda tangani, dan segera akan saya sebarkan untuk KONIDA dan untuk Cabang-cabang olahraga”, Ucap Ketua Umum Koni Jabar Ahmad Saefudin.

Setelah surat keputusan ditanda tangani, KONI Jawa Barat akan bertemu dengan Gubernur Jawa Barat tentang adanya perubahan tempat penyelenggaraan Porprov 2022, perubahan jumah cabang olahraga dan nomer pertandingan, Agar surat keputusan ini bisah disahkan oleh beliau (Gubernur) untuk melegalitaskan, tandas Ahmad Saefudin.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *