Koni Garut – Mengundang para Camat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut bersama jajaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Garut serta Panitia Pelaksana Porkab Garut 2024 menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tahun 2024, yang rencananya akan dihelat pada 21 Juli mendatang. Rakor berlangsung di Ruang Rapat Wakil Bupati Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum’at (8/3/2024).

Turut hadir mewakili Pj. Bupati Garut, Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum Budi Gan Gan Gumilar, SH, M.Si. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Garut Drs. Ade Hendarsyah,MM. Ketua KONI Kabupaten Garut Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng. IPU serta Ketua Pelaksana Porkab Garut Subhan Rohmasnyah, SE. berikut para Camat di 42, Kecamatan dan beberapa tamu undangan lainnya.

Rakor membahas beberapa hal terkait teknis kepesertaan, cabor yang diikuti oleh kontingen kecamatan sehingga bisa tergambar 26 cabang olahraga (cabor) yang telah ditetapkan sebagai cabor yang akan dipertandingkan yang memperebutkan 2.164 keping medali.

Budi Gan Gan Gumilar, SH, M.Si. menyampaikan arahan agar Porkab ini betul-betul dijadikan tonggak pembibitan atlet serta seleksi atlet yang kedepanya dapat dijadikan amunisi di multi event yang lebih tinggi, meskipun persoalan klasik kerap terjadi yaitu persoalan anggaran, “Garut belum menjadi daerah industri seperti Bekasi, Bogor dll, PAD nya juga terbatas, tapi jangan dijadikan alasan untuk berhenti mengukir prestasi, karena fakta membuktikan banyak atlet hebat yang lahir dari Garut” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Koni Garut Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng. IPU menyampaikan Porkab Garut 2024 diharapkan baik kualitas maupun kuantitas bisa lebih baik dibanding porkab sebelumnya, untuk itu persyaratan kepesertaan juga cukup selektif, salah satunya minimal satu cabor bisa diikuti oleh 8 kecamatan, hal ini dimaksudkan agar cabang olehraga bisa melakukan pemerataan atlet tidak bertumpu di kecamatan tertgentu, dari sisi usia juga dioriantasikan dengan batasan usia yang dipertandingkan di PORPROV Jabar, agar atlet yang berprestasi bisa meraih puncak prestasi di Porprov Jabar 2026.

Sejalan dengan Ketua Umum Koni Garut, Ketua Panpel Porkab Garut 2024 Subhan Rohmansyah, SE. menyampaikan bahwa Porkab ini benar-benar diorientasikan untuk pembinaan atlet prestasi. “Jadi mohon maaf kepada cabor yang tidak bisa dipertandingkan karena persoalan persyaratan, bukan berarti koni tidak memberikan kesempatan tapi ada event lain yang dipersiapkan bagi cabor yang tidak bisa mengikuti porkab yaitu event Kejurkab misalnya” ungkapnya.

By Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *