KONI Garut ajak SKPD kunjungi Venue Arung Jeram di Dangdeur Banyuresmi

GARUT, Banyuresmi – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Garut, Usep Basuki Eko, beserta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Garut, Luna Avtriantini, dan Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Garut, Abdusy Syakur Amin, melakukan pengecekan venue arung jeram yang berlokasi di Kampung Patrol, Desa Dangdeur, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jum’at (8/7/2022). Pengecekan dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan Pekan Olahraha Provinsi (Porprov) Provinsi Jawa Barat pada bulan Oktober mendatang.

Kadispora Garut, Usep Basuki Eko, mengatakan persiapan ini bukan hanya untuk kegiatan Porprov saja, melainkan ada target jangka panjangnya yaitu nantinya lokasi tersebut bisa dijadikan sebagai olahraga wisata.

“Bahkan kita tidak berpikir hanya untuk porprov (saja) kita ini berpikir panjang, dan olahraga pun tidak cuman berpikir masalah prestasi, tapi juga bisa dikembangkan kepada olahraga wisata, salah satunya adalah yang bisa untuk olahraga prestasi dan wisata diantaranya adalah arung jeram, terus paralayang juga bisa,” ujar Eko.

Ia mengatakan bahwa pembangunan olahraga ini khususnya olahraga prestasi, bukan hanya tugas Dispora maupun KONI saja, tapi semua pihak bisa terlibat dalam pembangun tersebut, termasuk juga masyarakat.

“Nah ini nanti sesuai dengan tupoksi masing-masing misalnya saya juga bekerja sama dengan PUPR mengenai infrastruktur, terus juga kita ada kerja sama dengan pertanian karena itu beririsan dengan lahan pertanian, ini semua dilibatkan semua untuk masyarakat Garut,” katanya.

Di tempat yang sama, Kadis PUPR Garut, Luna Avtriantini, menuturkan kegiatan kali ini dilakukan sebagai bentuk survei pendahuluan guna melihat situasi dan kondisi venue arung jeram yang nanti akan menjadi salah satu tempat bertanding pada perhelatan Porprov Jawa Barat.

“Survei pendahuluan lah kalau bagi kami yaa, melihat situasi dan kondisi (untuk melihat) mana yang bisa kita bantu sesuai kewenangan kita gitu, karena ini memang terus terang kalau anggaran kita belum ada, tapi apabila ini sudah dilihat kondisi seperti ini kan kita bisa lapor ke pimpinan gitu, apalagi ini kan (membawa) nama baik Pemerintah Garut mungkin untuk di event yang akan datang,” ucap Luna.

Pihaknya akan menindaklanjuti hasil survei kali ini dengan melakukan pembahasan bersama bidang bersangkutan untuk nantinya disampaikan ke pimpinan, khususnya kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Garut.

Sementara itu, Ketum KONI Garut, Abdusy Syakur Amin, memaparkan, penyelenggaraan Porprov nanti bukan hanya hajatan KONI saja, melainkan event seluruh elemen masyarakat. Namun begitu, menurutnya pemerintah kabupaten memiliki peranan yang sangat menonjol dalam persiapan Porprov ini.

“Kami sudah berkomunikasi (dengan) Pak Bupati dan respon Bupati sangat baik, sehingga kami berani mengajak beliau-beliau kesini, kenapa? Karena juga sering kali kita harus ada komunikasi yang intens, setelah menjadi kebutuhan tidak usah kemudian harus sangat besar tidak juga, tapi juga bukan tidak asal-asalan, nah ini perlu dikomunikasikan (agar pelaksanannya sukses),” papar Syakur.

Ia menilai hadirnya beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam pengecekan venue ini, merupakan bentuk dari kolaborasi bersama sesuai kewenangan masing-masing

“Sesuai dengan kewenangannya, dan juga pertanian kalau mungkin juga pariwisata juga mungkin kita ajak semua, bahwa ini adalah bidang yang diharapkan bisa memberikan dampak multidimensi kepada seluruh masyarakat, tadi kan ekonomi dan lain-lain,” harapnya.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Dangdeur, Kecamatan Banyuresmi, Giri Ginanjar, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kepala dinas dan Ketum KONI yang telah datang ke venua arung jeram yang berlokasi di desanya, dan ia menilai hal tersebut bahwa semua pihak antusias untuk mendukung persiapan Porprov Jawa Barat ini.

“Ini untuk fasilitas memang belum (selesai), baru kisaran dibawah 50% mungkin yah, nah itu mungkin yang jadi kehawatirannya panitia pelaksana, karena agenda waktunya sudah mendekati, itu saja mungkin mudah-mudahan semua pihak karena sudah berkumpul, eksekusi segera dilaksanakan itu aja,” tandasnya.


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*