Resmi Ditutup, Satlat KNPI Garut raih juara Umum Kejuaraan Tarung Derajat Bupati Garut Cup 2020

Koni Garut – Kejuaraan Tarung Derajat antar Satlat Se-Kab. Garut Bupati Cup I secara resmi ditutup oleh Wakil Ketua Koni Kab, Garut Drs. H. Yayat HIdayat, M.Si, Minggu (12/01/2020). Dalam ajang kejuaraan yang berlangsung di Gedung Olah Raga Beladiri (GOR) Ciateul Tarogong Kiudl Garut, Satlat KNPI Garut berhasil keluar sebagai juara umum dengan meraih 6 emas, 5 perak dan 6 perunggu.

Dalam acara penutupan tersebut dihadiri pula tokoh nasional, maha guru tarung derajat Drs. Ahmad Derajat atau lebih dikenal Aa Boxer, Kang Badai dan Teh Non Dara. Kejuaran ini berlangsung selama dua hari mulai 11-12 Januari 2020 dengan diikuti 171 peserta yang terdiri dari 74 peserta tarung putra, 40 peserta petarung putri dimana tergolong ke dalam 11 kelas tarung putra dan 19 petarung putri.

Medali yang diperebutkan untuk petarung putra 11 emas 11 perak dan 22 perunggu, sedangkan untuk putri 9 emas 9 perak dan 18 perunggu jumlah medali yang diperebutkan petarung adalah 80 kemudian ada ranger campuran jumlah 57 peserta kelas, yang diperebutkan jumlah emas 3, perak 3,dan 3 perunggu jumlah medali 75 medali.

H. Yayat HIdayat, M.Si, dalam acara penutupan mengatakan bahwa kejuaraan Satlat Tarung Derajat Bupati Garut Cup I merupakan ajang sosialisai cabang Olahraga Tarung Derajat Kepada masyarakat agar masyarakat dapat mengetahui, mengenal, mendukung dan melibatkan diri dalam olahraga tarung derajat. Pelibatan diri ini ditandai dengan orang tua mengijinkan anak-anaknya mengikuti latihan Olahraga Tarung Derajat, selain itu kejuaraan ini merupakan proses penjaringan bibit atlet tarung derajat untuk memperkuat Kab. Garut di ajang-ajang lebih tinggi, terlebih tahun di 2020 ini Garut akan menyenggarakan multi event porkab dan cabang tarung derajat merupakan salah satu cabor yang akan dipertandingkan.

Sementara itu, Ketua pengcab Tarung Derajat Kabupaten Garut Jajang Al Mas’irin menyampaikan kejuaraan ini diselenggarakan rasa tanggung jawab dari pengurus cabang (PengCab). dalam mempersiap teknis anak anak Tarung Derajat ini untuk mempersiapkan PORKAB nanti

” Selain bentuk persiapan menuju Porkab 2020 event ini juga sebagai ajang evaluasi bagi pengurus dan pelatih terkait proses pembinaan yang berjalan dari januari hingga desember 2019 untuk melihat progres pembinaan juga melakukan pemantauan atlet-atlet Tarung Derajat potensial untuk dipetakan dan diklasifikasi dalam proses pelatihan ke depan.” ucapnya.


Lebih jauh Jajang mengatakan, kami mengadakan kejuaraan ini salah satunya untuk mengukur hal tersebut. Seperti yang disarankan oleh KONI Kabupaten Garut, untuk melaksanakan PORKAB 2020 itu minimal harus diikuti 6 kecamatan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*