Garut – Dalam rangka persiapan menyambut Api Obor Asian Games 2018 yang akan tiba di Kab. Garut pada tanggal 12 & 13 Agustus 2018, Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kab. Garut  melakukan pertemuan dengan pengurus KONI Garut beserta Cabang Olah Raga, pertemuan dilakukan di kantor sekretariat Koni Jl. Cimanuk Jayaraga Garut, Senin (30/7).

Dispora Kab. Garut yang diwakili oleh Kepala Bidang Kepemudaan Kusman Maulud, S.Pd, M.Si tiba di Kantor KONI sekitar pukul 13.00 langsung disambut Ketua KONI Kab. Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng beserta jajaran pengurus serta para pengurus cabang Olah Raga. Dalam pertemuan tersebut  Kabid Kepemudaan Kusman Maulud menjelaskan, pada Hari Minggu tanggal 12 Agustus 2018 sekitar pukul 09.30 Wib. Api Obor Asian Games dari Panitia INASGOC akan disambut tepatnya di daerah perbatasan pintu masuk Kab. Garut dengan Kab. Bandung. Dari pintu masuk Kab. Garut Api Obor Asian Games tersebut diarak  dengan kendaraan rombongan dari Pantia INASGOC menjadi  titik awal pelari membawa Api Obor Asian Games yaitu Tugu Perjuangan Kubang pertigaan Jalan KH. Anwar Musaddad.

Dari tugu Perjuangan Kubang  Panitia dari Kab. Garut menyiapkan penyambutan oleh 20 anggota Brimob dan 20 anggota TNI Kostrad 301 serta para Atlet dari berbagai cabang Olah raga yang ada di bawah naungan KONI Garut serta berbagai komunitas Moge, NMAX serta beberapa elemen masyarakat lainya. Api Obor akan dibawa oleh pelari secara estapet  bergantian di 17 titik tempat yang sudah disiapkan oleh panitia diantaranya :

  1. Pertigaan Jalan KH. Anwar Musaddad (Tugu Perjuangan Kubang)
  2. Alfamart Depan Pom Bensin Tanjung
  3. Gapura Selamat Datang di Kabupaten Garut (Tanjung)
  4. Pertigaan Jalan Baru Cipanas (Alfamidi/RM. Racik Desa)
  5. Pertigaan SMPIT Al Mashduqi (Dekat Pom Bensin Pasawahan)
  6. Alfamart Tarogong Baru(Eks RM Sumber Rasa/Depan SMA YBHM)
  7. Pos Polisi Alun-alun Tarogong
  8. Alfamart Dekat BRI Unit Cimanganten
  9. Depan Kantor PLN Garut
  10. Simpang Lima / SMKN 12 Garut
  11. Alfamart Dekat Fave Hotel
  12. Jalan (Bando Jalan Asian Games) Depan SDN Pataruman
  13. Pertigaan Jaln Cimanuk – Jalan Mayor Syamsu (STTG Al-Musaddadiyah)
  14. TDC / Bunderan Leuwidaun
  15. BPR KS (Depan Alfamart Cimanuk)
  16. Jln Jend. Ahmad Yani (Depan Samsung, Eropa Cell)
  17. Lapang Oto Iskandardinata / Alun-Alun Garut

Ketua KONI Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng mengungkapkan kesiapanya dalam menyambut Api Obor Asian Games 2018 “Ini merupakan kesempatan langka bahkan mungkin sekali seumur hidup bisa secara langsung menyambut Api Obor pesta olah raga terbesar di Asia, seluruh jajaran pengurus KONI beserta para atlet dari seluruh cabor akan kita kerahkan untuk ikut menyambut moment bersejarah ini, kita berharap seluruh atlet yang sedang dipersiapkan berlaga di Porda Bogor bisa ikut menyambut dan dari pertemuan tadi sebanyak 85 atlet dari 8 Cabor (Pencaksilat, Tarung Derajat, Atletik, Putsal, Hoki, Dayung, Arung Jeram dan Basket) sudah bisa dipastikan ikut berlari mengiringi pelari utama yang memegang Api Obor Asian Games” ungkapnya. `

Ketua Koni menambahkan  kita sangat antusias menyambut Api Obor Asian Games sebagai rasa syukur dan apresiasi karena Garut merupakan salah satu dari 5 Kabupaten yang ada di jawa barat yang dipercaya ikut menjadi bagian dalam penyambutan Api Obor Asian Games 2018, “tadi kita dengar bersama dari Pak Kabid salah satu alasan kenapa Garut mendapat kepercayaan dalam menyambut Api Obor Asian Games yaitu karena saat penyambutan PON 2017 kemaren sambutan masyarakat Garut yang paling meriah serta termasuk daerah yang paling banyak mempunyai destinasi wisata serta  kunjungan wisata di Jawa Barat, ini cukup membanggakan buat kita sebagai bagian dari masyarakat Garut” imbuhnya.

By Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *