Garut – Menindaklanjuti pertemuan Pengurus KONI Garut dengan Pjs. Bupati Garut serta Pimpinan SKPD terkait persiapan Kontingen Garut dalam mengikuti Pekan Olah Raga Daerah Provinsi Jawa Barat ke XIII di Kab. Bogor, pada hari Rabu malam (9/5) bertempat di Gedung Pendopo Garut Pjs. Bupati Garut mengundang Pengusaha, Pimpinan Perusahaan, Pimpinan BUMD/BUMN serta Pimpinan SKPD untuk bersama-sama mendengarkan pemaparan dari Ketua Umum KONI Garut tentang persiapan KONI Garut dalam mempersiapkan keikutsertaan kontingen Garut dalam Porda XIII di Kab. Bogor.

Selain Pjs. Bupati Garut Ir. H. Koesmayadie Tatang Padmadinata dan Ketua KONI Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, turut hadir dalam acara tersebut Plt. Sekda Garut  Drs. H. Uu Saepudin ,ST., M.Si., Asda II Ir. Hj. Yati Rohayati, Kepala BAPPEDA Basuki Eko, SH, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan dr. Tenny Swara Rifai, Kepala Disparbud Budi Gangan,S.H,M.Si. Kepala Dinas Perhubungan Drs Suherman SH, M.Si, para Pimpinan BUMD/BUMD, Pengusaha, Pengurus Cabang Olah Raga serta Pengurus KONI Kab. Garut.

Dalam sambutan dan pemaparan persiapan keikutsertaan kontingen Garut di Porda XIII, Ketua Umum KONI Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, mengungkapkan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Pjs. Bupati Garut yang telah menunjukan dukungannya dengan melakukan langkah kongkrit mengundang para Pimpinan Perusahan dan SKPD untuk duduk bersama mendengarkan laporan sejauh mana persiapan yang telah dilakukan oleh KONI Garut dan para Cabor dalam mengikuti Porda Jawa Barat ke XIII yang akan dilaksanakan bulan Oktober di Kab. Bogor termasuk kalkulasi penggunaan dana yang telah diterima oleh KONI Garut, semua dipaparkan dengan jelas hingga target capaian medali yang akan di raih dalam event olah raga empat tahunan tersebut, terungkap target 25 – 29 medali emas yang bisa diraih oleh kontingen Garut dari 21 cabang Olah Raga “Tapi Porda bukan sekedar adu prestasi tapi juga merupakan ajang prestise, harkat martabat, kehormatan sebuah daerah akan dipertaruhkan dalam event tersebut makanya jangan heran banyak daerah melakukan apapun untuk meraih prestasi maksimal dan untuk Garut kita akan berusaha sekuat tenaga melakukan yang terbaik dengan memanfaatkan potensi yang ada, sepenuhnya mengandalkan putra terbaik Garut” ungkapnya. Ketua KONI juga mengungkapkan beberapa alternatif pilihan jumlah kontingen yang akan diberangkatkan yang diseusikan dengan dana yang telah diterima oleh KONI dari Pemkab Garut, termasuk harapannya bisa memberangkatkan semua  atlet yang lolos babak kualifikasi beserta official yaitu sejumlah 618 persone, meskipun harapan tersebut masih terkendala ketersediaan dana seperti terlihat dalam laporan keuangan tadi. “harapan itu terbuka lebar, kita masih ada waktu 4 bulan, Porda itu bukan sekedar ajang prestasi tapi juga ajang apresiasi bagi atlet yang selama ini sudah berlatih hingga lolos babak kualifikasi, ini merupakan penghargaan bagi meraka dan itu akan menjadi motivasi serta kebanggaan meskipun tidak bisa meraih medali, intinya pengurus KONI akan berusaha bisa memberangkatkan seluruh atlet yang lolos babak kualifikasi, mohon doanya saja” ungkap syakur

Pjs. Bupati Garut Ir. H. Koesmayadie Tatang Padmadinata mengungkapkan setelah mendengarkan pemaparan Ketua Koni Garut “inilah kelebihan jika mendengarkan penjelasan dari seorang akademisi, jelas dan selalu berbasis data, kalkulasinya cukup rasional” ungkapnya. dirinya  sangat mengerti dan memahami, mencapai prestasi yang diinginkan di tengah keterbatasan dana bukan sebuah pekerjaan yang mudah, tapi kita semua punya harapan dan banyak strategi yang bisa kita lakukan dalam upaya menutupi semua kekurangan tadi, kita berharap semua atlet dan official yang jumlahnya sekitar 618 bisa diberangkatkan “Maksud dan tujuan saya mengundang pengusaha dan pimpinan perusahaan ini merupakan strategi untuk menutupi kekurangan anggaran salah satunya bersumber dari CSR perusahaan dan saya sudah mengajak agar dana CSR tahun ini sebagaian diberikan untuk mendukung para atlet Garut  dan responya alhamdulillah cukup baik meskipun belum mengungkapkan angka tapi komitmennya bisa ditindaklanjut bersama pengurus Koni nanti, sebelum kita melakukan langkah pengusulan dana tambahan dalam anggaran perubahan nanti, makanya dalam pertemuan ini ikut hadir Plt Sekda Garut dan para Pimpinan SKPD agar kedepan tambahan dana dari anggaran perubahan bisa diprioritaskan, karena saya kan hanya 2 bulan lagi menjadi Pjs” ungkapnya.

Sedangkan Plt Sekda Garut Drs. H. Uu Saepudin ,ST., M.Si. mengungkapkan komitmenya untuk terus mendorong agar Pemkab Garut memberikan dana tambahan dalam anggaran perubahan nanti “Ada beberapa celah yang bisa kita lakukan dalam upaya menutupi kekurangan tadi termasuk mengajukan tambahan dana dalam anggaran perubahan nanti, muskipun saya belum bisa menyebutkan angka tapi insya allah akan kami perjuangkan, begitupun bantuan dari dinas PUPR akan kami komunikasikan langsung dengan Pak Syakur” ungkapnya.

Komitmen Plt Sekda tersebut juga diikuti oleh Pimpinan SKPD yang hadir pada malam itu, seperti Disparbud Budi Gangan menyanggupi akan membantu cabor Muaythai, Kadis, Kadis Kesehatan akan membantu dari tenaga medis, Kepala Bappeda Basuki Eko juga demikan menyanggupi akan memberikan bantuan kepada salah satu cabor, Dinas Perhubungan juga akan memaksimalkan kendaraan dinas yang ada di Kab. Garut untuk kepentingan oprasional atlet selama porda. Sedangkan dari Pimpinan Perusahaan hamper seluruh yang hadir “ditagih” satu satu komitmenya oleh Pjs Bupati Garut dan mereka mayoritas menyanggupi akan membantu meskipun tidak diungkapkan jumlah nominal bantuanya, salah satunya dari BJB Garut yang siap memberikan bantuan semaksimal mungkin untuk Kontingen Garut.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *