Garut – Pogram Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut (Uniga) menggelar seminar olahraga tingkat nasional bertemakan “STRATEGI PEMBINAAN ATLET MENUJU PRESTASI NASIONAL”., Kamis, (19/4) di Aula Kampus Uniga Jl. Samarang No. 52A Tarogong Garut. Seminar yang dihadiri Ketua Yayasan Univesitas Garut Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, MT., Ketua KONI Kab. Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Kab. Garut Drs. Tito Sugito, M.M.Pd serta nara sumber utama Dr. H. Amung Ma’mun, M.Pd. dan Dr. Dikdik Zapar Sidik, M.Pd

Seminar dibuka langsung oleh Ketua Yayasan Universitas Garut Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, MT. dalam sambutanya Ketua yayasan mengungkapkan prinsip strategi pembinaan harus mempunyai  struktur yang mapan kemudian kultur atau budaya karena sebuah prestasi tidak bisa dicapai dengan instan dan yang terakhir adalah resources dalam prespektif olah raga yaitu sumber daya manusia atau para bibit atlet dan garut salah satu lumbungnya para atlet berpotensi, “kita berharap dengan seminar ini ditemukan strategi yang tepat untuk pembinaan para atlet sehingga benar-benar menjadi atlet yang berprestasi” ungkapnya.

Senada dengan Ketua Yayasan Uniga, Ketua KONI Kab. Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng saat diminta pendapatnya mengungkapkan “saat ini kita kerap mengalami stagnasi dalam pembinaan para atlet, banyak atlit berpotensi yang seharusnya bisa membuahkan prestasi malah terhenti di tengah jalan atau malah mereka pindah ke daerah lain yang lebih memberikan dukungan sarana dan prasarana, mudah mudahan dengan seminar ini ditemukan strategi yang tepat dalam pembinaan para atlit ke depan tentunya didukung oleh seluruh stakeholder serta pemerintah supaya mereka benar benar mempunyai apa yang para atlet harapkan termasuk jaminan masa depannya” ungkapnya

Dr. Dikdik Zapar Sidik, M.Pd Kepelatihan Olah Raga bidang Prestasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengatakan seminar nasional ini mempunyai peran meletakan dasar-dasar pembinaan yang tepat, tentang bagaimana strategi membina bidang olah raga menuju ke tingkat lebih tinggi bukan saja di tingkat nasional bahkan mungkin internasional, “artinya visi kita dengan kegiatan ini diharapkan timbul banyak ide gagasan dalam pembinaan olah raga, membuat pola pembinaan yang tepat, kelemahan itu bukan saja dialami di tingkat daerah tapi nasional pun mempunyai kendala yang sama, karena pembinaan ini belum terstruktur dengan baik bahwa tahapan keteraturan pembinaan atlit itu bisa dijalankan di ingkat daerah ya itu bagus, karena terus terang bila di tingkat daerah tidak ada prestasi tingkat provinsi pun sama tidak aka nada prestasi” ungkapnya, Dikdik menambahkan seluruh strategi ini juga mutlak harus didukung oleh sarana yang ada tentunya tidak bisa sekaligus tapi bertahap disesuaikan dengan kemampuan daerah.

Menurut Ketua Pelaksana Seminar Asep Angga Permadi, M.Pd Seminar ini dihadiri sekitar 300 peserta dari kalangan Atlit, Pelatih dan Praktisi olah raga dari berbagai daerah di jawa barat,  acara ini bisa terlaksana atas kerjasama Program Studi Pendidikan Jasmani FPIK  Uniga dengan KONI Kab. Garut, PT. Indonesia Power, BJBS, DISPORA Kab. Garut serta Prima Gold’s.

Sumber :