Pengurus KONI Garut periode 2018-2022 resmi Dilantik

Garut-Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat, Brigjen TNI Ahmad Saefudin, secara resmi lantik Pengurus KONI Kabupaten Garut Masa Bhakti 2018-2022 bertempat di Aula Al-Musaddadiyah, Jalan Mayor Syamsu, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Minggu (25/03).
Dalam wawancara dengan awak media usai menghadiri acara, Ketua KONI Jawa Barat mengatakan bahwa sebagai pengurus KONI yang baru dilantik harus menjunjung tinggi nilai-nilai olahraga, sebagaimana lembaga olahraga lain juga menerapkannya, dan berkomitmen mencetak prestasi lebih baik untuk Kabupaten Garut tanpa mementingkan material.
“Yang paling pokok bagaimana memberdayakan organisasi itu sehingga menjadi kesejahteraan, sehingga keolahragaan itu sendiri bisa dirasakan oleh masyarakat. Sementara hakekat keolahragaan KONI Jawa Barat tiada lain adalah bagaimana mengehadirkan prestasi di tengah-tengah masyarakat. Artinya, masyarakat butuh olahraga, kita butuh prestasi,” ujar Ahmad.
Ahmad melanjutkan, bagi dirinya pelantikan pengurus KONI di Kabupaten Gatut sangat menarik. Dia mengatakan, baru kali ini dirinya melantik Ketua KONI yang berlatar belakang dari seorang akademisi, ini sudah cukup pantas. Selain mengembangkan pembinaan keolahragaan di KONI itu sendiri, ini juga akan menjadi nilai penting untuk memajukan olahraga di lembaga pendidikan, ujarnya.
Terkait kepengurusan yang dinilai kegemukan karena melibatkan hampir 90 pengurus KONI Kabupaten Garut masa bhakti 2018-2022 yang dilantik, Ahmad Saefudin menegaskan, hal tersebut merupakan hak preogratif Ketua, dan yang paling penting pengurus mampu memajukan olahraga. Rumusannya pada evaluasi menata keorganisasian, mulai dari membangun referensi organisasi keolahragaan, seperti UU SKN, AD/ART KONI, hingga Peraturan Pemerintah, sampai dengan implementasinya seperti apa. Dan yang lebih pokok, kata Ahmad, adalah pemahaman kepada tupoksi, peranan dan fungsi dari organisasi itu sendiri, tandasnya.

“Saya rasa itu normatif, disamping saya sangat percaya pengurus yang dilantik barusan, merupakan orang-orang yang berkompeten terhadap dunia olahraga di Garut. Berapapun pengurus yang ada, yang paling penting KONI mampu mengembangkan olahraga. ini awalan baru, babak baru dan kepengurusan ini punya orientasi yang jelas,” pungkas Ahmad Saefudin.

Sedangkan Ketua KONI yang baru Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng saat diminta tanggapanya terkait Kepengurusan KONI sekarang yang terlihat “Gemuk” mengungkapkan hal ini tidak jadi persoalan “potensi yang ada di kabupaten garut ini sangat luar biasa, pihak-pihak yang mencintai olah raga juga begtu antusias dengan berbagai latar belakang yang berbeda, untuk itu kita mencoba mengakomodir semua stakeholder yang ada, ada dari kalangan pengusaha, atlet, pelatih, akademisi, politisi bahkan dari lingkungan pesantren tapi tentunya tetap yang kita kedepankan adalah profesionalisme, makanya sebelumnya ada penandatanganan fakta integritas salah satu isinya bersedia bekerja tanpa mendapat imbalan jadi semakin banyak pihak yang membantu semakin bagus” ungkap syakur.

Saat diminta komentar apakah semua pengurus ini bisa bekerja dengan sungguh-sungguh ditengah dana yang begitu terbatas, syakur mengungkapkan “nanti ada seleksi alam, biarkanlah mereka diberi kepercayaan untuk menunjukan kesungguhan membantu KONI dalam menghadirkan prestasi ditengah-tengah masyarakat, saya percaya orang-orang yang hadir di KONI nanti yang mampu menunjukan dedikasinya” ungkapnya.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua KONI sebelumnya H. Ato Hermanto  mengungkapkan rasa optimis dibawah kepemimpinan  Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, KONI ke depan akan lebih baik, paling tidak bisa mempertahankan prestasi yang telah diraih sebelumnya, meskipun kondisi yang dialami KONI sekarang tidak jauh berbeda ketika dibawah kepemimpinanya terutama dukungan dari Pemkab sekarang yang dinilai kurang memberikan dukungan terutama dalam persoalan dukungan Dana bagi para cabor yang akan bertanding di Porda nanti, sehingga rencana strategi yang telah disepakati dengan Pemkab Garut tidak bisa dilaksanakan seutuhnya.
Selain Ketua KONI Provinsi Jawa Barat, dan hadir dalam acara tersebut Pjs Bupati Garut, Koesmayadi Tatang Padmadinata, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut, Drs Kuswendi M Si, Dewan Penasehat KONI Kabupaten Garut, H Ato Hermanto, pengurus yang dilantik beserta tamu undangan lainnya. (Abar)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •